Selasa, 01 Maret 2011

Ketika Dunia Maya dan Dunia Nyata Saling Bersentuhan

Hari ini jika kita tanya anak-anak sekolah, punya FB gak? Atau punya twitter gak? Jawabannya pasti "YA"
Ya, inilah fakta yang ada saat ini, hampir semua orang sudah mengenal dunia maya dan selalu memiliki akun di situs-situs jejaring sosial. Terutama dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang sepertinya memiliki rasa ingin tahu yang tak terbatas.

Masih ingat bagaimana terjadinya revolusi di Mesir yang terjadi karena adanya peran dari Facebook yang mampu membentuk opini masyarakat luas. Kemudian, derasnya informasi yang juga banyak tersebar melalui dunia maya mengenai revolusi di Mesir langsung menyebar ke negara-negara di seluruh dunia dan memberikan dampak langung bagi negara-negara Timur Tengah.

Fakta yang ada saat ini membuktikan bahwa antar dunia maya dan dunia nyata sudah hampir tidak ada jarak lagi. Bagaimana apa yang terjadi di dunia maya bisa terjadi di dunia nyata. Bahkan, bagi beberapa orang, koneksi internet adalah sebuah kebutuhan primer atau kebutuhan sehari-hari mereka untuk tetap tersambung dengan dunia maya.



Hal yang paling menonjol dari dunia maya saat ini adalah bagaimana dengan mudahnya setiap orang bisa tersambung dan saling berkomunikasi disini. Selain itu, kemampuan dunia maya untuk membentuk opini publik secara luas sudah terbukti. 

Bahkan, saat ini di Indonesia sedang terjadi hal yang membuktikan bahwa dunia maya dan dunia nyata hampir tidak memiliki batasan lagi dimana permasalahan yang terjadi di PSSI sangat kentara di dunia maya dan juga terjadi di dunia nyata. Banyak forum-forum dan juga grup-grup yang muncul di dunia maya untuk menuntut turunnya Nurdin Khalid dari posisi ketua umum PSSI dan juga terjadi unjuk rasa secara besar-besaran di seluruh wilayah Indonesia untuk menuntut hal yang sama.

Buat kita yang selalu berhubungan dengan dunia maya, seperti mata uang yang memiliki dua buah sisi yang perlu diperhatikan terutama jika kita juga berperan aktif dalam proses pembentukan opini publik tersebut. Sisi positif dari pembentukan opini publik. Hal ini terjadi jika apa yang ditimbulkan memberikan dampak positif bagi kehidupan di dunia nyata, seperti halnya yang terjadi di Mesir dimana apa yang terbentuk di dunia maya, direfleksikan di dunia nyata dan memberikan kepuasan serta dampak positif bagi seluruh warganya.Sisi negatifnya, ketika opini publik yang dihasilkan tidak memberikan dampak yang positif bagi masyarakat umum. Seperti aksi-aksi provokasi yang sering terjadi di banyak grup-grup jejaring sosial.

Jadi, apa yang kita lihat atau kita lakukan di dunia maya hari ini, bisa saja terjadi di dunia nyata besok hari. Atau mungkin juga sebaliknya


2 Comments:

Mactavish said...

memang dampak dari perkembangan IT ini tak dapat ditepis lagi,tidak seperti 4-5 tahun lalu,sekarang bahkan anak-anka SD sekalipun sudah memiliki akun jejaring sosial semisal facebook dan twitter,serta akun jejaring lain semisal kaskus,deviantart,blog,dsb..
mulai dari sekedar "ikut-ikut teman",sampai ingin "mempromosikan berbagai karya,pekerjaan,dll" juga mengembangkan bisnis dan pekerjaan lainnya tak lepas dari peranan besar dunia IT..
memang seakan tak ada batas lagi dunia maya dan dunia nyata..
ibarat 2 ruang yang hanya dibatasi sekat tipis..
mungkin akan tiba masa menyatunya kedua dunia seperti banyak terjadi di film-film hollywood..
semoga kita bisa mengendalikan arus perkembangan ini.

Anonim said...

di zaman sekarang, yg segalanya serba modern, dunia maya memang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.
kadang orang jenuh dengan keadaan dunia nyatanya, lalu mencari hiburan memalalui dunia maya.

namun, tak banyak juga persoalan rumit yang muncul ke dunia nyata hanya karena masala-masalah sepele dari dunia maya.

 

© 2007 IT Banua: Ketika Dunia Maya dan Dunia Nyata Saling Bersentuhan | Design by Template Unik



Template unik dari rohman


---[[ Skip to top ]]---